me|write, my life stories
Comments 10

semedi tesis part 2..

Setelah 6 bulan bergulat sama deadline kerjaan… saatnya kembali fokus ke tesis gw yang gw terlantarkan… hihihi… Kacau… sebeltulnya dua-duanya sama-sama prioritas… tapi entah kenapa, kerjaan selalu gw nomer satukan… sepertinya gara2 ada duitnya kali ya.. wakakak… Tapi kalo tesis kan bwt kepentingan pribadi, kerjaan buat kepentingan bersama… gw pikir gak salah2 banget seh ngeduluin kerjaan…

Kurang lebih udah 1 bulanan lewat berkutat sama tesis… Nambah teori, nambah referensi, revisi sidang proposal udah… Jadi tinggal tancep gas menuju sidang yang sebenarnya… Seminggu kemaren totalitas mencoba kelarin bab 5… Pake turbo, tiap malem bisa ngerjain ampe jam 2 atau 3 pagi…

Bab 5 gw itu penyajian data dan interpretasi data… Berhubung metodenya kualitatif, jadi datanya hasil wawancara2 mendalam, bukan angka-angka beraroma statistik… Sampe di sub bab terakhir, interpretasi data, gw jadi bingung dah memaknakan data yang wujudnya deskriptif begetoh…

Kalo kuantitatif kan tinggal yang setuju sekian persen, yang nggak sekian persen, dan sejenisnya, terus kesimpulannya gimana… Kualitatif, gimana memaknakannya ?? Ada yang menganalogikan metode kualitatif ibarat mempertanyakan kualitas antara kekampungan dua ayam kampung… Ada dua ekor ayam kampung… Nah, diantara dua ayam kampung tersebut, mana yang lebih kampungan ?? Gimana coba ?!?! Jangan2 gw mesti meneliti darimana asal kampung dari masing-masing ayam tersebut… Gimana caranyaaa ?? Ah iya…!!! gw tau… nanti pas lebaran gw buntutin aja tuh ayam mudiknya kemana… Gwakakak….

Gw sebagai manusia biasa, bukan superman, apalagi wonder woman, interpretasi bisa ngalor ngidul nggak menentu.. Simak aja kutipan dari Huberman (1992) : manusia merupakan penemu makna. Mereka dapat mendapatkan arti dari suatu gejala yang berserakan menjadi memiliki makna tertentu.. Kata dosen pembimbing, jadikan teori-teori sebagai guidance…. Oke Pak… Sudah saya selesaikan, bahkan sampai bab terakhir, Bab VI…

Udah gw serahin by mail… dan hari jum’at besok, gw mesti ke UI untuk kembali bimbingan mendiskusikan dan berargumen sama dosen pembimbing ituh.. Gwwwaaaa…. mudah2an gak ada banyak revissii…. amiiiinnn….

Sukses semuanya Yo…!!!

Advertisements
This entry was posted in: me|write, my life stories
Tagged with:

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

10 Comments

  1. akuai said: skripsi, tesis, kenapa selalu bikin pusing yaa? dan uang selalu bisa mengalihkannya :))

    fakta di lapangan: karena orang bisa hidup tanpa tesis dan skripsi, tapi gak bisa hidup tanpa uang… Gwakakakak…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s