Month: June 2009

“Orang berakal yang bahagia adalah dia yang sifatnya paling baik, pembicaraannya yang paling indah adalah ilmu, miliknya yang paing berharga adalah hikmah, dan hartanya yang paling utama adalah perbuatan baik. Orang tidak menjadi kaya kecuali karena qanaahnya, tidak merasa aman kecuali karena ketidakbersalahannya, tidak bertambah bahagia kecuali karena rasa syukurnya, dan tidak hilang kesusahannya kecuali karena do’anya.” – unknown philosopher –

Alam Semesta sebagai Hologram – And the truth of Islam

Description:dari Buku: Michael Talbot – The Holographic Universe sumpe panjang banget neh artikel.. memusingkan pulak.. tapi buat yang doyan science ras-rasnya seh bakal nyandu.. hehehe… Ingredients:copas dari milis tetangga.. Directions:Pada tahun 1982 terjadi suatu peristiwa yang menarik. Di Universitas Paris,sebuah tim peneliti dipimpin oleh Alain Aspect melakukan suatu eksperimenyang mungkin merupakan eksperimen yang paling penting di abad ke-20. Anda tidak mendapatkannya dalam berita malam. Malah, kecuali Anda biasa membaca jurnal-jurnal ilmiah, Anda mungkin tidak pernah mendengar nama Aspect, sekalipun sementara orang merasa Semuannya itu mungkin akan mengubah wajah sains. Aspect bersama timnya menemukan bahwa dalam lingkungan tertentupartikel-partikel subatomik, seperti elektron, mampu berkomunikasi denganseketika satu sama lain tanpa tergantung pada jarak yang memisahkan mereka.Tidak ada bedanya apakah mereka terpisah 10 kaki atau 10 milyar km satu sama lain. Entah bagaimana, tampaknya setiap partikel selalu tahu apa yang dilakukanoleh partikel lain. Masalah yang ditampilkan oleh temuan ini adalah bahwahal itu melanggar prinsip Einstein yang telah lama dipegang, yakni bahwatidak ada komunikasi yang mampu berjalan lebih cepat daripada kecepatancahaya. Oleh karena berjalan melebihi kecepatan cahaya berarti menembus dinding …

“mas ogie mau jadi dosen ??”

pertanyaan akhir tahun kemarin yang masih tetep nyangkut di kepala gue sampe saat ini… awalnya seh ada temen kuliah master gue satu angkatan… seorang bapak-bapak yang berprofesi sebagai akademisi.. udah tua sih.. taksiran gue umur deket 50 atau 50an lewat.. kita satu kelas di kwartal pertama.. dan nih bapak selalu jadi yang pertama kali hadir di kelas.. kuliah mulai jam 8, jam stengah 8 dia udah duduk sendirian di kelas.. biasanya yang dateng selanjutnya gue… nah saat berdua nunggu temen yang laen itu deh kita jadi sering banget ngobrol, diskusi tentang apapun… soal mata kuliah, tentang hobby, makin ke sini makin banyak diskusi soal tugas kuliah… kalo ada hal yang gw nggak ngerti tapi dia ngerti, dia njelasin ke gue…. sebaliknya kalo di satu topik dia nggak ngerti gue ngerti, gue njelasin ke dia… singkat kata makin akrab… sampai suatu saat, gue tanya-tanya tentang profesi beliau sebagai dosen komunikasi visual di universitas paramadina… pengen tau dosen ngapain ajah, terlebih bapak ini juga sekaligus sebagai praktisi… jadi ngobrol dalem deh soal profesi akademisi… tau-tauk yah pertanyaan …

10 Fenomena yang Tak Dapat Dijelaskan oleh Sains

Description:Ilmu pengetahuan memang menakjubkan. Mampu menyibak beragam misteri kehidupan. Mencari energi alternatif, mengobati penyakit, menjelajah antariksa, bahkan menciptakan mahluk hidup buatan. Semua keajaiban sains itu membuat kita terheran-heran. Ingredients:copy paste ajah.. dari seneh : http://tentang-sains.blogspot.com/2009/06/10-fenomena-yang-tak-dapat-dijelaskan.html Directions:Tapi tidak semua misteri kehidupan bisa dipecahkan. Masih banyak fenomena lain yang belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan. Livescience.Con mencatat ada 10 fenomena yang hingga kini belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Apa saja itu? Mari kita simak. Siapa tahu Anda mau menambahkannya. 1. Dengungan Taos Penduduk dan pengunjung kota kecil Taos di New Mexico selama bertahun-tahun diganggu oleh dengungan aneh. Suara berfrekuensi rendah tersebut mengumandang di sepanjang udara gurun pasir. Uniknya, hanya 2 persen dari penduduk setempat yang mendengar suara itu. Sebagian orang meyakini suara itu disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. Hingga hari ini misteri dengungan aneh ini belum jua terpecahkan. 2. Bigfoot. Selama puluhan tahun dilaporkan temuan mahluk besar berambut, berkaki besar dan meninggalkan jejak di sepanjang daerah di Amerika. Bahkan ada saksi matanya juga. Lucunya, tidak ada temuan berupa potongan organ tubuh sama sekali. Hanya berupa rekaman …