All posts tagged: bersatu

ukhuwah wah..

“Ada orang non-muslim dateng ke pesantren, ramai2 disambut pake rebana, dikalungin sorban, dijamu, dan dido’ain.. Ini Islamnya dimana ?!?!?”.. Begitu kata khotib pas gw jum’atan di sebuah mesjid.. Kuping mulai panas, mata membara, gw tatap tajam2 tuh mata khotib dari jauh (sayang dia nggak natap gw, euh lagian ngapain juga yak.. gyaha..).. Niatnya, kalo masih lanjut ngomong politik dari atas mimbar, gw mending cabut ajah, sholat dhuhur di rumah.. Untung lanjutan ceramahnya nggak parah2 amat.. Tapi ya tetep, banyak buruk2nya negeri ini versi dia sendiri aja yang diomongin.. Lagian, apa yang salah sih dari peristiwa: ada orang non-muslim, dateng ke pesantren, terus disambut pake rebana dan dikalungin sorban ??.. Dia tanya Islamnya dimana, ya Islamnya ya di situ !! Menyambut baik tamu / orang lain dengan ramah dan santun.. Memangnya sorban, rebana, dan musik punya agama ??.. Kesemua itu kan produk akal (budaya), hanya medium, netral, nggak ada sangkut pautnya sama Islam secara substansi.. Seumur2, gw nggak pernah liat tuh ada sorban dan rebana baca Syahadat, terus rajin ke mesjid saat Adzan berkumandang.. Gyahaha.. Tahu …

kata dia kuncinya bersatu…

di sebuah kaijan islam, si pembawa materi mempermasalahkan kenapa umat Islam sekarang kalah dalam beragam aspek… menurut dia adalah karena umat islam sekarang tidak bersatu…. yang penting adalah bersatu bersatu bersatu !!… begitu sih kalo gue tangkep maksutnya dia… diantara peserta ada seh yang agak-agak kurang sreg dengan pendapatnya, …termasuk gue… kalo gue pikir, emang bener seh ada masalah dalam persatuan.. tapi bukan disitu inti permasalahannya… akar permasalahannya kalo menurut gue yang harus ditemuin solusinya itu adalah KENAPA umat kok nggak bersatu ?? kalo cuman sampe masalah pokoknya bersatu !!!… yeee… nggak segampang itu kalee… kalo bersatu itu semudah orang muhamadiyah dateng ke orang NU terus “tok tok tok… hallooo N.UUUU… kita bersatu yuuukkk…”… udah daru dulu kalee umat islam bersatu dan bahkan mungkin bisa terbentuk dalam beberapa partai saja…. tapi pada kenyataannya kan lain… dubutuhkan kedewasaan untuk bisa bersatu… selain itu, karena gw bersenggolan sama akademisi, gue pernah denger seorang temen gue yang seorang dosen bertanya sama calon profesor… “pak… di level mana sih pak yang biasanya membedakan antara lulusan S1 dan S2..” .. …