me|write, my life stories, think sotoy
Leave a Comment

pelajaran utama..

Untitled-1Terakhir reunian sama temen2 kuliah S1, ada temen deket yang ngomong gini: “Kalo lu jadi pengusaha, gw agak2 kepikir sih Gie, tapi kalo lu bisa jadi dosen, itu gw nggak kebayang sama sekali..!!” Gwakakak.. Lah guwe-nya sendiri juga bingung koq..

Mungkin karena dari dulu sukanya komik, maen game, dan hal2 konyol lain.. Sampe sekarang pun rasa2nya masih begitu.. Liat aja Quote2 Su’oD, jauh dari kesan serius.. Atau di tiap postingan, tulisan gaya bahasa verbal, suka2 tanpa mikirin tata bahasa, bahkan pake’ “elu guwe”.. Berasa nggak dosen banget..

Setelah mengalami sendiri jadi siswa, mahasiswa, kemudian menjadi pengajar, gw semakin menyadari satu hal: Sejatinya BUKAN GURU YANG MEMILIH MURID, tapi murid yang memilih guru.. Persis seperti kisah2 kungfu klasik, para murid lah yang mencari & memilih sendiri gurunya, yang dinilai pantas bagi dirinya..

Si guru sendiri seringkali diceritakan “datar” atau acuh.. Yaah, memang begitulah orang bijak hebat yang sebenarnya.. Seringkali merasa biasa saja, tidak merasa bijak, bahkan seringkali merasa tidak pantas untuk punya murid “formal”..

Gw memang dosen bagi semua mahasiswa yang pernah gw ajar, tapi apakah gw adalah guru bagi mereka semua??.. Belum tentuuu.. Hubungan guru dan murid sejati tidak sesederhana itu..

Mahasiswa/i2 yang selalu datang telat, kata2 / nasihat dosen tidak didengarkan (apalagi mencoba diamalkan), tugas selalu terlambat seadanya, dan sering nggak masuk kelas.. Apakah kesemuanya itu bisa disebut sebagai hubungan guru dan murid ??.. I don’t think so..

Tapi gw juga tau, ada dari mereka yang benar2 niat belajar.. Datang lebih dulu dari dosen, fotokopian tiap pertemuan bener2 disimpen, bahkan mereka “koleksi” sampe jadi alumni untuk kemudian suatu saat dibaca2 kembali..

Gw sendiri pun seperti itu.. Nggak semua dosen dulu itu sepertinya bisa gw anggap sebagai guru.. Ada yang tidak berkesan sama sekali, “hampa”, bahkan sampe lupa namanya.. Tapi ada juga yang bener2 gw inget.. Sampe sekarang fotokopiannya masih gw simpen, serta sejumlah kata2 beliau pun masih lengket di kepala gw dan masih gw coba untuk amalkan..

Seseorang yang lain yang juga gw anggap sebagai guru pernah berujar: “Dalam mengajar itu, sebenernya THE REAL LESSON IS YOU !!.. Anda adalah pelajaran utamanya..”.. Jadi tugas guru pertama kali sebelum menyampaikan pelajaran adalah berusaha membuat hati si murid tertarik dengannya.. Entah gimana caranya, kalo itu bisa tercapai, materi akan lebih mudah untuk bisa “masuk” ke mereka, dan kelas akan selalu ramai..

Sebuah nasihat yang buat gw cukup logis.. Karena memang seringkali sebuah mata pelajaran / mata kuliah menjadi favorit, bukan karena materinya, tapi karena pengajarnya..

Selamat Hari Guru.. (^_^)/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s