me|write, think sotoy
Comment 1

awasiotak..

Untitled-5“Dan pada dirimu sendiri, apakah kamu tidak memperhatikan ?” (QS.51:21).. Buat gw, salah satu yang menarik perhatian pada diri ini adalah otak.. Karena cara bekerjanya, masih sangat penuh misteri..

Ada sebuah kisah nyata.. Pernah ada pria yang bekerja di perusahaan pengemasan daging.. Jadi orang ini pekerjaannya memasukkan daging yang sudah dikemas ke dalam gerbong2 kereta api.. Setelah penuh, maka pintu gerbong akan ditutup rapat supaya dagingnya awet, dan kemudian langsung berjalan dikirim ke kota lain..

Suatu hari, ia menjalankan pekerjaannya seperti biasa.. Namun apes, entah gimana, saat mengisi gerbong terakhir, pintu gerbongnya tiba2 tertutup.. Ia menggedor2 pintu minta tolong, tapi nggak ada yang mendengar.. Lantas kereta pun berjalan..

Ia sudah berpengalaman 20tahun di situ.. Jadi dia tahu persis jumlah oksigen yang tersedia di dalam gerbong itu, dan berapa lama waktu yang tersisa untuknya sebelum kemudian akan mati kehabisan oksigen.. Dia juga tahu persis gejala2 yang akan terjadi pada tubuhnya saat kekurangan oksigen..

Dengan bermodal senter gantungan kunci yang kecil, dan buku jurnal di saku celananya, ia menulis pesan untuk keluarganya.. Keesokan harinya, kereta sampai di tujuan.. Crew kereta api menemukan mayatnya dan buku jurnal tersebut..

Dalam buku jurnalnya, pada halaman2 awal terlihat normal, tulisannya cukup bisa terbaca.. Ia menuliskan betapa ia cinta pada istri dan anaknya.. Pada halaman2 tengah, tulisannya mulai ngaco’, kalimatnya terputus2 dan tidak masuk akal..

Pada halaman2 akhir jurnalnya, isinya seperti “cakar ayam”, sama sekali nggak bisa dibaca.. Ini persis seperti tanda2 seseorang “kehabisan” oksigen, yang berpengaruh pada otaknya, dan berdampak pada kemampuan fisik yang lain..

Inspeksi gerbong pun dilakukan.. Dan ternyata, crew menemukan retakan pada bagian belakang dinding gerbong, dan cukup memanjang sampai lantai gerbong.. Tidak begitu terlihat, karena tidak begitu besar dan tertimpa tumpukan daging.. Namun, seharusnya oksigen tetap bisa masuk.. Gerbong tidak sepenuhnya tertutup dan kedap !!!..

Bahkan menurut penyelidikan lebih jauh, selama perjalanan, semestinya oksigen di dalam gerbong itu cukup untuk 20 orang..!!

Polisi dan crew pun me-reka ulang kejadian itu, namun dengan menggunakan oxygen monitor, untuk melihat jumlah oksigen yang tersedia.. Hasilnya, jumlah oksigen ternyata tidak berkurang meski dalam kondisi pintu tertutup..

Autopsi juga dilakukan pada korban.. Anehnya, hasil autopsi menunjukkan bahwa si korban meninggal karena kehabisan oksigen, sesuai dengan tanda2 yang ditunjukkan lewat kondisi penulisan jurnal..

Cerita diatas gw ambil dari buku “Black Hole Focus” yang ditulis oleh Isaiah Hankel PhD (2014).. Ia menutupnya dengan kalimat: “If your mind is powerful enough to kill you, it’s also powerful enough to give you the life you want..”

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s