me|write, my life stories
Leave a Comment

wis udah..

Untitled-3Ngeliat status foto2 wisuda mahasiswa2 yg pernah gw ajar, rasanya gimanaa gitu.. Hehe.. Seneng ngeliat mereka pada diwisuda.. Mengingat gw ini salah satu orang yang bisa dibilang rajin ngasi mereka “masalah”.. Hyahaa.. Kembali teringat wajah2 mereka saat asistensi dan ngumpulin tugas.. Sungguh wajah2 yang penuh dengan “penderitaan”.. Hihihi..

Nggak berasa, udah 5 angkatan mahasiswa yg gw ajar udah pada lulus .. Terkadang masih muncul pertanyaan di kepala gw: “Emangnya gw pantes ya jadi dosen ?”.. Mengingat kalo di kelas saat nyampein materi, gw sering banget becanda sama mahasiswa.. Kelas jadi seakan nggak serius.. Nggak jarang gw pun bingung kenapa mahasiswa pada ketawa, padahal gw hanya menyampaikan kegelisahan gw atau ngomentarin teori yang gw sampein.. Entahlah, ada dua kemungkinan.. Kemungkinan pertama: mereka tertawa karena komentar gw yang emang suka ngaco dan lebay.. Dan kemungkinan kedua: mereka mentertawakan kegaringan guwa.. (T_T)..

Gw pikir, masih banyak orang2 hebat yang lebih layak jadi dosen mereka ketimbang gw yang “setengahan” pengusaha, dan nggak terpikir akan jadi dosen pada awalnya.. Yah, paling nggak gw udah berusaha, semoga aja yang gw sampein bisa bermanfaat buat mereka.. Berpengaruh atau nggak apa yg gw sampein dalam beberapa semester perkuliahan, gw tetep seneng bisa sedikit berperan “mengisi waktu” dalam suatu episode kehidupan mereka.. Ibarat pengelana yang saling bertemu dalam sebuah tempat singgah, kemudian saling bertukar pikiran, dan kemudian pergi melanjutkan perjalanannya.. Ntah nanti mereka “nongkrong”nya dimana, namun gw masih rutin nongkrong di tempat singgah tersebut, dan bertemu pengelana2 yang lain..

Harapan gw sih nggak muluk2, semoga mereka bisa “berpikir”.. Berpikir mendefinisikan sukses versi mereka sendiri.. Berpikir bahwa dosen mereka bukanlah orang yang perlu ditiru bulat2.. Berpikir bahwa masih banyak guru di atas bumi ini.. Berpikir bahwa “berpikir” adalah sebuah aset yang besar di dalam diri.. Percuma berguru pada banyak hal kalau nggak berpikir.. Qur’an sudah menyatakan, yang bisa mengambil pelajaran hanyalah orang2 yang berpikir..

Banyak jalan untuk mendapatkan keberhasilan.. Untuk mendapatkan sepuluh, nggak mesti 5 + 5.. Tapi bisa 4+6, 8+2, bahkan 3 + 3 + 2 + 1 +  1..   Jadi, merdekalah berpikir, merdekalah bereksplorasi.. Campur adukkan apa yang didapat dengan pikiran sendiri.. Setiap orang punya keunikan sendiri.. Dan setiap keunikan, punya jalan keberhasilannya masing2.. Idealislah sekaligus realistis.. Seringkali kita nggak bisa langsung sampai di tempat yang ingin kita tuju, tapi Tuhan ngasi persinggahan yg secara langsung maupun nggak langsung justru “mengisi bekal” kita untuk bisa sampai ke tempat yang kita tujukan itu..

Semoga sukses terus ke depannya buat para wisudawan/wati polmed angkatan ke 5, khususnya anak DG.. Terima kasih buat kebersamaan yang udah dijalani selama ini.. Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri buat gw bisa rutin bertemu kalian di kelas selama 3 semester penuh..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s