me|write, think sotoy
Leave a Comment

money & creativity..

012233Ada beberapa orang yang gw tau, dia jadi demikian termotivasi untuk bekarya kalau “ada duitnya”, alias kalo karyanya udah jelas akan dibayar dengan sejumlah uang.. Kalo contoh kasusnya mahasiswa, ya si mahasiswa ini hanya akan sangat bersemangat kalo ngerjain hal2 yang sifatnya “projekan” alias ada duitnya.. Kalo project tugas2 dari dosen, ya gitu deh, karena nggak ada duitnya, jadi melempem abis.. Hehe.. Iya kalee si dosen ngebayar karya tugas mahasiswanya ?!?!..

Seakan2 kreativitas mereka meningkat kalo ada imbalan uangnya.. Euh, ini mungkin kalo versi mereka sih.. Makin ke sini makin banyak pengertian kreativitas, dan makin berkembang pula.. Dari yang dikaitkan dengan ekonomi, cara kerja otak, dan ada juga yang mengaitkan dengan pengenalan diri sendiri..

Apapun pengertiannya, kreativitas selalu terhubung dengan menciptakan sesuatu yang baru.. Namun kreativitas sendiri memang tidak baku, nggak seperti ilmu pasti, malah lebih perlu intuisi dan imajinasi.. Kreativitas bisa diartikan sebagai hasil pemikiran yang tergugah dari pertanyaan, keadaan,  kemungkinan, rasa penasaran, kepo, dan motivasi dari diri seseorang.. Karena itu munculnya kreativitas bisa dibilang nggak selalu karena “uang” di awal.. Bach, Van Gogh, sampe Steve Jobs pun nggak “tergerak” karena uang di awal.. Tapi karena kuatnya hasrat dari hatinya yang terdalam..

Maka dari itu, kreativitas nggak selalu muncul gara2 duit atau semata karena bisa ditukar dengan uang atau imbalan.. Munculnya kreativitas justru sering di saat seseorang memusatkan perhatian penuh pada sesuatu yang sejalan dengan hasrat atau keinginan di hatinya.. Nggak sedikit orang biasa yang kemudian jadi luar biasa karena kesungguhannya menuruti kata hatinya yang terdalam.. Dan saat sudah berhasil menjadi “luar biasa”, uang pun akan datang dengan sendirinya..

Cooper, Clasen, Silva-Jalonen, dan Butler (1999), pernah melakukan eksperimen kreativitas.. Hasil eksperimen ini sempat dimuat dalam Journal of Managerial Psychology.. Mereka menawarkan uang sebagai imbalan bagi solusi kreatif atas masalah yang muncul pada sejumlah karyawan.. Hasilnya: “Imbalan finansial ternyata tidak berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mencurahkan gagasan orisinal.. Kreativitas seringkali justru  merupakan hasil dari perhatian yang sungguh2 pada sebuah masalah dan keyakinan bahwa kreativitas akan dihargai secara pribadi oleh atasan…”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s