entrepreneurship, favourite, me|write, think sotoy
Leave a Comment

energi harapan tujuan..

000222Pernah liat seseorang yang kesannya “nggak ada matinya” ??.. Energinya kayak gak abis2, selalu aja ada tenaga untuk ngerjain sesuatu dalam waktu yang lama, dan jangka panjang pulak.. Sampe2 kitanya jadi mikir, nih orang dapet energi dari mana seh ??..  

Kalo boleh berspekulasi, gw bisa bilang biasanya orang2 yang kayak gitu itu orang2 yang udah punya tujuan yang jelas.. Gw juga meyakini perasaan penuh energi kayak gitu bisa dialami sama orang yang udah punya peta jangka panjang yang udah di”break down” secara cermat ke dalam peta jangka pendek.. Lantas energi pun datang.. Loh ?!? Energi darimana ?!? Emang ada hubungannya antara tujuan dan energi ??..

Secara tidak langsung ada, cuman kurang satu elemen aja, yakni HOPE atau harapan.. Umumnya orang2 yang udah punya tujuan, sangat2 berharap tujuannya bisa benar2 tercapai.. Terlebih kalo tujuannya itu jelas2 bisa dibuat “terpampang” di depan mukanya atau di dalam kepalanya tiap hari.. Jadi hubungannya begini: ada tujuan = ada harapan = ada energi.. Terdengar Absurd ?? Ada bukti ilmiahnya loh..

Di tahun 50an, lulusan Harvard: Curt Paul Richter dan scientist Johns Hopkins melakukan percobaan terkait hal ini.. Mereka menyebutnya “The Hope Experiment”.. Kurang lebih eksperimennya kayak gini: seekor tikus diletakkan di wadah yang ada sirkulasi airnya (cukup dalem lah buat seekor tikus), dibiarin dia berenang.. Kemudian diamati berapa lama si tikus mampu berenang di situ.. Dan rata2 tikus hanya mampu bertahan berenang selama 15 menit, kemudian kelelep alias tenggelam…

Lantas, dilakukan sedikit perubahan.. Sesaat sebelum tikus mau tenggelam, dia “diselamatkan”, diangkat dari wadah tersebut, dikeringkan, dan dibiarkan istirahat selama beberapa waktu, sebelum kemudian “diberenangkan” kembali di tempat yang sama.. Tahu berapa lama si tikus mampu berenang setelah proses “penyelamatan” itu..??.. 60 JAM !!!.. Yes, gokil ya.. 60 jam, dan itu sama dengan 240 kali lebih lama daripada saat dia berenang tanpa proses “penyelamatan”.. Koq bisa ya ??..

Dr. Richter berkesimpulan hal itu terjadi karena si tikus diberikan harapan.. Si tikus mendapatkan energi melalui harapan akan diselamatkan kembali.. Terlebih si tikus udah punya gambaran yang sangat jelas mengenai gimana itu rasanya diselamatkan.. Jadi, dengan punya tujuan, membayangkan tujuan tersebut sejelas2nya di kepala seperti saran dari teori Law of Attraction, benar2 bisa membesarkan harapan, dan terus berlanjut akan menghasilkan energi..

“Purpose equals hope equals energy. Defining the path in front of you will give you the energy you need to complete it.” Isaiah Hankel, PhD in “Black Hole Focus” (2014).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s