entrepreneurship, favourite, me|write, think sotoy
Comments 17

Creativity & constraint..

Untitled-1Gw inget kalo gak salah pak Mario Teguh itu pernah ngomong begeneh: “Kemapanan itu bisa jadi penghambat dari perkembangan kualitas pribadi..”.. Terus gw juga pernah baca di beberapa buku yang bilang: “Keberlimpahan itu musuh dari kreativitas..”..

Dan kesimpulan gw mengenai hal itu: “YES !!!” ternyata itu benar.. Gw secara pribadi sangat setuju dengan pernyataan itu.. Gw liat, dari pengalaman gw pribadi dulu sebagai mahasiswa, ngeliat sendiri, temen2 gw yang dapet predikat bagus, atau IPK diatas tiga, hampir semuanya yang naek turun angkot, nggak punya laptop, dan yah ala kadarnya alias gak banyak gaya.. (Mau gaya apa ?!? wong budgetnya terbatas… paling bisanya gaya batu… (^_^!).)

Yang dulunya ke kampus bawa mobil, punya hape, bawa laptop, gw liat sekarang, kebanyakan yah pencapaiannya biasa aja.. Meski gak semua, tapi bisa dibilang “posisinya” banyak yang lebih mantep mereka2 yang waktu dulunya biasa aja atau kere’ … hehe.. Sekarang gw juga ngamatin mahasiswa gw selama 4 angkatan ini.. Yang jadi lulusan terbaik, atau yang gw anggap nilainya cukup bagus, gw perhatiin lagi, malah mereka yang gak punya laptop, gak bawa mobil atau motor, anak kos, dan yang kondisinya bisa dibilang secara materi “terbatas”…

Mungkin itu juga alasannya kenapa banyak orang yang berprestasi tinggi atau membawa perubahan justru dari orang2 yang kondisinya dulu “terbatas” atau kalo boleh dibilang pas-pasan, atau bahkan minus… Yang anak orang kaya, karena keberlimpahannya, apa2 ada, segala sesuatu tersedia, kurang duit tinggal minta, mau ke luar negeri tinggal tepok jidat ortu (waw ini mah durhaka banget !!.. hehe), justru gw perhatiin kebanyakan malah jadi bingung mau ngapain..

Kebanyakan dari mereka2 itu kalo gw perhatiin lebih dalem lagi, jadi keliatan nggak jelas maunya apa, impian besar nggak punya, planning hidupnya nggak ada, target jangka pendek apalagi.. Udah enak dengan “comfort zone” yang sebenarnya.. Akhirnya, susah dikit ngeluh, dapet tantangan dikit gampang nyerah, nggak tahan menderita demi peningkatan kualitas diri, dan ujung2nya susah dapetin yang namanya konsisten atau istiqomah..

Gw narik kesimpulan ini karena belum lama ini gw liat sendiri lagi kasus model begini.. Jadi, keberlimpahan memang bisa jadi penghambat atau musuh dari pengembangan kualitas diri seseorang.. Bukan mutlak, mangkanya gw pake kata “bisa”…

Lagi googling tau2 nemu quote dari 3 pendiri twitter: “Creativity comes from constraint..”.. Constraint itu kalo di kamus ada yang terjemahin sebagai pembatas, paksaan, atau ketegangan.. Jadi, salah satu cara yang gw tau buat mereka2 yang mapan tapi tetep bisa & mau ngembangin diri adalah: ciptakan keterpaksaan atau keterbatasan artifisial !!!…

Gw pikir Steve Jobs bisa banget jadi contoh ini.. Meski sudah mencapai level tinggi, ia tetap melakukan filosofi hidupnya yang dia share ke mahasiswa2 saat wisuda: “Stay Fool, Stay Hungry..”.. Kayaknya ini quote paling terkenal dari die deh…

Udah ah sotoynya.. capek.. hehe..

Advertisements

17 Comments

    • Kalo anak mah, ntar gw ciptain keterdesakan artifisial.. Udah kebayang.. Yang paling penting, kudu tau akibat dari nurutin rasa males sesegera mungkin… Gwakakak..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

    • Gyahaha… Banyak kok kasus begini jugak… Ukuran sukses seseorang gak bisa diukur dari dulu dia kuliahnya gimana, terus sekarang gimana… Kalo dari sudut pandang ekonomi kondisinya biasa2 aja, berarti perlu evaluasi, mungkin ada yang kurang.. Mungkin selama ini melakukan hal2 yang biasa2 aja, jadinya hidup terasa biasa2 aja…

      Kreativitas itu menciptakan hal yang baru… Kalo nggak bikin benda atau karya yang baru, yah bikin cara2 baru untuk bikin sesuatu yang udah lama.. Bisa jadi nanti hasilnya ikutan jadi baru.. Misal, bikin burger dengan cara bikin siomay, alias pake bumbu kacang.. hehehe.. Salah satu syarat keberhasilannya, meskipun baru, tapi relevan nggak sama kebutuhan konsumen..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

        • Hehehe.. yang sering gw denger neh, kata2: “hidup gw masih biasa2 aja atau masih gini2 aja” itu selalu dari orang yang berprofesi sebagai karyawan.. Yang berwiraswasta jarang gw denger ngeluh model begitu… Karena pada umumnya wiraswasta melakukan sesuatu yang nggak biasa.. orang2 pada nyari kerjaan, dia bikin kerjaan.. Meski ujung2nya gagal, tapi keluhan “biasa2 atau gini2 aja” gak keluar… Karena ya dia alami sendiri pergolakan naik dan turunnya hidup yang nggak biasa..

          Yang karyawan, yah selalu belajar dan cari cara baru dalam melakukan kerjaan.. biar yang dikerjakan gak selalu biasa2 aja atau gitu2 aja.. Atau melakukan sesuatu yang baru yang tujuannya memperbesar ekonomi diluar waktu kerjaan pokok… Kalo dikaitkan dengan kreativitas, ada istilah namanya creative courage, atau keberanian kreatif.. Berani ngambil resiko.. Resiko apa ? ya resiko cara2 barunya ditolak, dicemooh, dimarahi boss atau klien, dll.. Kalo pengusaha ya resiko gagal, bangkrut, dan termasuk keberanian untuk bangkt kembali setelah jatuh…

          Like

  1. orang dalam tekanan tertentu akan menghasilkan karya yang tak pernah disangka. Kejadian kerusuhan 98 dulu, ada karyawan yang gak pernah olahraga atau bahkan lompat galah dan lainnya, tiba-tiba bisa dengan mudah melompati tembok yang tingginya 2,5 meter. agak susah dibayangkan kalau dalam keadaan biasa. tapi ini kejadian nyata.

    Like

  2. susah move on kalu udah mapan sih ya.. apalagi disuruh kreatif.. kalu tertekan kebanyak emang suka ada ideide..

    Like

    • Kondisi tertekan atau terbatas sering “memaksa” kita untuk nyari ide2 baru, supaya bisa keluar dari tekanan dan keterbatasan.. Ada koq gw liat sendiri orang mapan yang bekerja cuman untuk biar gak diem di rumah, biar ada kegiatan aja, biar sosialisasi, jadi tujuannya bukan cari duit atau peningkatan kualitas diri.. Hehe.. Tapi yang dapet kerja dan menganggap itu kerjaan hidup dan matinya, biasanya lebih kreatif, mau belajar, dan otomatis ide2nya banyak keluar..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

  3. Pingback: cambuk ketidak nyamanan.. | halaman guna guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s