my life stories, think sotoy
Comments 12

tuanya kapan ??

Dulu tetangga gw yang umurnya udah 50 tahunan pernah cerita ke gw, kalo dia di masa mudanya dulu energinya gak abis-abis… Nyupir mobil surabaya jakarta bolak-balik beberapa kali dalam seminggu sama sekali gak jadi masalah.. Belajar untuk kuliah dan kerja ampe larut malem juga dia jabanin… Intinya sih, dia mau bilang kalo dulunya dia selalu asyik sama yang dia kerjain dan ujung2nya nggak pernah ngerasa tua..

Terus kurang lebih dia bilang beginih: “saya baru ngerasa udah tua tuh gie, waktu mau ngapa2in, eh berasa cepet capek.. mesti nambah istirahat… Dulu mah nggak perlu tuh pake istirahat dulu”….

Gw yang lupa, atau dianya yang emang gak ngomong ya waktu itu dia ngerasa kayak gitu di umur berapa… Terkadang batasan giat bekerja berbasis umur emang susah dipatoknya.. Karena gw udah ngeliat sendiri emang ada orang yang meskipun udah tua, tapi energinya masih banyak, masih kuat maen badminton hampir tiap hari (umur 50 tahun, pas tanding single sama guwa, guwa cuma dikasi 1 poin… hihi… ), terus plus aktif bekerja pulak ngalah2in orang muda..

Sebaliknya gw juga udah ngeliat sendiri, ada orang2 muda di jaman sekarang ini, yang lebih banyak istirahatnya ketimbang kerjanya… Baru ngapa2in dikit udah capek, baru ngapa2in dikit udah ngerasa mesti istirahat… hehe… udah kayak orang tua ajah…  Gw gak tau ini gara2 kebiasaan yang menjadi karakter, atau emang faktor umur beneran yah ?? Tapi kalo gw pikir sih, “stamina” itu bisa dilatih, diperkuat, dan dibiasakan untuk bisa stabil di performa yang bagus… Lama-lama kebiasaan jadi karakter deh, dan kebawa sampe tua…

Kadang gw juga mikir, abis ketemu2 mahasiswa gw yang gak tau Voltus sama Lion maru, yang bedanya 10 tahun lebih ama guwa, guwe ini sebenernya udah tua apa masi muda yah ?? hehe… Jadi nulis gini gara2 semalem ke beberapa toko selalu dipanggil mas atau kak… Tapi kayaknya gw emang gak ngerasa tua seh.. Dan pada kenyataannya gw emang masih ABG, tapi yang stok lama… Gwakakak…

Yang jelas jadi tua itu pasti, jadi dewasa itu nggak pasti, dan jadi anak kecil terus jelas juga nggak mungkin.. Silahkan dicoba yang umur 20 ke atas, kemana-mana pake seragam SD, nggak bakalan dah tuh dipanggil “dek”.. Wakakak…

Advertisements

12 Comments

  1. wkkkk, ketawa di ending tulisan …
    Tua itu pasti, yang semangat dan jiwanya tetap muda berkobar …
    dan ga akan pake seragam SD, siappp …

    Like

  2. tua itu pasti, dewasa itu pilihan.. jadi muda lagi juga pilihan.. umur ga bisa diakalin, semangat yang bisa.. itu juga karakter..
    babeku udah 70 masih main tenis dan golf loh.. kalah deh main tenis sama babe.. tiap pagi selalu ke kebon, siram taneman juga kasih pupuk dan nyangkul..
    mama yang kesehatan agak terganggu.. tapi tetep semangat ke dapur..
    dulu pernah punya mbahbuyut yang masih tegak kalu jalan ke sawah, padahal umurnya 90an, tinggal sendiri di desa, kalu lebaran selalu kasih kitakita sanguh, padahal kitanya pengen kasih mbahbuyut sanguh juga.. eh anaknya yang 70an [yang mbahku] malah manja sakitsakitan, dikitdikit ngeluh.. pusing dikit minta dianterin ke dokter..
    emang karakter kali ya..

    Like

    • Iye ye kayaknya… Dulu juga pernah ketemu supir taksi udah tua… Dia bilang: “saya mah kalo diem aja di rumah gak ngapa2in malah jadi sakit mas… Mending narik taksi aja dah..”.. Udah kebiasaan gak bisa diem ya bisa jadi gitu kali yee..

      Image Hosted by ImageShack.us

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s