All posts tagged: ukhuwah

ukhuwah wah..

“Ada orang non-muslim dateng ke pesantren, ramai2 disambut pake rebana, dikalungin sorban, dijamu, dan dido’ain.. Ini Islamnya dimana ?!?!?”.. Begitu kata khotib pas gw jum’atan di sebuah mesjid.. Kuping mulai panas, mata membara, gw tatap tajam2 tuh mata khotib dari jauh (sayang dia nggak natap gw, euh lagian ngapain juga yak.. gyaha..).. Niatnya, kalo masih lanjut ngomong politik dari atas mimbar, gw mending cabut ajah, sholat dhuhur di rumah.. Untung lanjutan ceramahnya nggak parah2 amat.. Tapi ya tetep, banyak buruk2nya negeri ini versi dia sendiri aja yang diomongin.. Lagian, apa yang salah sih dari peristiwa: ada orang non-muslim, dateng ke pesantren, terus disambut pake rebana dan dikalungin sorban ??.. Dia tanya Islamnya dimana, ya Islamnya ya di situ !! Menyambut baik tamu / orang lain dengan ramah dan santun.. Memangnya sorban, rebana, dan musik punya agama ??.. Kesemua itu kan produk akal (budaya), hanya medium, netral, nggak ada sangkut pautnya sama Islam secara substansi.. Seumur2, gw nggak pernah liat tuh ada sorban dan rebana baca Syahadat, terus rajin ke mesjid saat Adzan berkumandang.. Gyahaha.. Tahu …