me|write, think sotoy
Leave a Comment

kehendak langit..

Baca2 buku “The Book of Zen”, eh jadi nemu kisah yang oke.. Pada zaman dulu di Cina, ada seorang jenderal bersama pasukannya.. Apesnya, si Jendral harus menghadapi tentara musuh yang jumlahnya hampir sepuluh kali lipat dari pasukan yang dimilikinya..

Saat menuju medan perang, dia dan pasukannya mampir dulu di sebuah kuil.. Di hadapan pasukan, sang Jendral berdo’a dengan khusyu’ di kuil tersebut.. Ia memohon bimbingan “langit” atas situasi yang akan dihadapinya..

Lantas, selesai berdo’a, ia berkata pada seluruh pasukannya; “Sekarang perhatikan !! Saya akan melempar sebuah uang koin ke langit.. Saat uang ini jatuh ke tanah, kalau yang menghadap ke atas adalah gambar kepala, maka kita akan menang.. Dan kalau yang menghadap ke atas ekor, kita akan kalah..”

Sang Jenderal melemparkan uang tersebut ke langit sambil berteriak: “Wahai pasukanku.. Hidup kita ada di tangan nasib !!”.. Koin pun kemudian jatuh kembali.. Hasilnya ??.. Ternyata yang “keluar” adalah gambar kepala..!!

Seluruh pasukan, baik yang dekat dengan tempat jatuhnya koin itu, ataupun yang jauh, kemudian bersorak.. “Kepala !!.. Kita akan menang !! Ayo habisi musuh tanpa ampun !!.. Karena kita pasti menang !!..”

Semangat seluruh pasukan menjadi membara dan “memberingas”, seperti singa2 lapar yang sudah 5 hari nggak makan ketoprak.. Eh, nggak dong yaa.. Hehehe..

Bener saja, pasukan sang Jendral tampil semangat banget & menunjukkan “performa” tinggi di medan perang.. Seperti seakan2 ada grup JKT48 menyanyikan lagu “Heavy Rotation” di belakang mereka untuk menyemangati.. Pada “On Fire” gitu deh berkat keyakinannya akan kemenangan..

Akhir cerita, Jenderal & pasukannya berhasil meraih kemenangan.. Sang jendral puas atas semangat tempur pasukannya.. Tidak berapa lama, ia pun menatap medan perang yang sudah sunyi sendirian.. Lantas, seorang kapten mendekatinya.. Kapten berkata: “Ini sudah keinginan langit.. Tak ada seorang pun yang bisa mengubah nasib..”..

Jendral hanya tersenyum.. “Oh ya ?? Masak sih ??”.. Begitu jawabnya.. Sambil memperlihatkan koin yang digunakan untuk meramal nasib sebelum perang pada si kapten.. Ternyata kedua sisi koin tersebut adalah kepala..!!

Moral dari Zen: “Langit tidak memihak siapapun, tidak ada seorang pun yang lebih disukai langit.. Satu2nya bantuan yang bisa kamu terima adalah dari dirimu sendiri..”

Komen dari sotoy2nya gw: (1). Si Jendral itu pinter maen drama.. Sehabis berdo’a serius, terus lempar koin.. Para “pengikut” jadi mudah percaya bahwa kemenangan adalah kehendak “langit”.. Harusnya dia coba ikutan casting Drakor..!! (2). Seseorang harus benar2 belajar merenungi, sejauh mana peran dari berdo’a.. Tuhan memang menyuruh kita berdo’a, tapi sangat jelas juga menyuruh kita berusaha maksimal.. Terutama “mengubah keadaan di dalam diri” (QS.13:11)..

Pesan dari mas Bruce Lee: “Ultimately, the greatest help is self-help..”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s