me|write, think sotoy
Comments 2

placebo vs nocebo..

untitled-1Tau PLACEBO EFFECT ??.. Umumnya dipakai di dunia pengobatan.. Si pasien diberi obat “palsu”, seperti pil gula misalnya, lantas diberitahu si dokter, ini obat diminum supaya sembuh.. Padahal nggak ada bahan yang “nyambung” sama penyakit si pasien di obat itu.. Tapi anehnya, metode “mengelabui pikiran” si pasien ini lumayan sering berhasil..

Lisa Rankin M.D (2013), dalam “Mind Over Medicine: Scientific Proof That You Can Heal Yourself”, menyatakan 18-80% dari pengobatan ala metode “plasebo effect” sejauh ini menunjukkan keberhasilan.. Bahkan ada yang sampe bisa menurunkan tekanan darah, ngilangin kutil, dan menumbuhkan rambut..!!

Metode penyembuhan dengan “mind-body power” ini ternyata punya sisi gelap, namanya NOCEBO EFFECT.. Dimana keyakinan salah yang ditanamkan pada pikiran, justru bisa membuat seseorang menjadi sakit..

Ada percobaan dengan “double-blinded clinical”, jadi si pasien diberi obat placebo, tapi dikasi tau juga kalo ada efek sampingnya.. Anehnya, 25% dari pasien merasakan efek samping tersebut meskipun yang diberikan hanya pil gula !!.. Lucunya lagi, Nocebo efek samping ini nggak menimbulkan keluhan yang random / acak dari si pasien.. Tapi selalu efek2 samping yang udah dikasi tau dokter sebelumnya di saat memberi obat ..

Di Jepang pernah dilakukan studi mengenai hal ini.. 13 orang siswa ditutup matanya, lantas mereka diberi tahu di lengan kanannya akan dioleskan sejenis tanaman yang bisa menyebabkan gatal.. Nggak lama, beneran deh tuh para siswa langsung merasa gatal di lengannya..

Padahal itu hanya olesan “plasebo”, tanaman yang diusap ke lengan mereka mungkin aja cuman daun singkong dari rumah makan padang sebelah tempat periset pada makan siang.. Hehe.. Perubahan fisiologis siswa terjadi murni hanya karena keyakinan mereka sendiri..

Percobaan nggak berhenti sampe di situ.. Di lengan mereka yang satunya (kiri), dioleskan tanaman racun yang sebenarnya.. Namun periset memberitahu kalo yang dioleskan itu adalah tanaman biasa.. Dari 13 siswa, hanya dua yang benar2 merasa gatal dan merah.. Sisanya nggak ngerasain apa2, dan itu juga murni berkat keyakinan mereka..!!

Apa yang seseorang yakini secara mendalam ternyata bisa mempengaruhi dirinya secara fisik, secara sains hal tersebut sudah terbukti.. Pengharapan disertai keyakinan kuat membuat otak menciptakan proses kimiawi tertentu, yang persis sama seperti kalo otak meladeni hal tersebut di kejadian nyata..

Pernah baca juga di sebuah buku, kalo do’a yang sungguh2 dengan keyakinan mendalam, ternyata juga bisa menunjukkan efek yang sama dengan cara kerja plasebo, dan sering dikaitkan dengan penyembuhan secara misterius.. Hmm.. kayaknya emang kudu hati2 nih “nyimpen” sesuatu di pikiran.. Jangan sampe malah “teryakini” hal2 negatif..

Advertisements

2 Comments

  1. Kayaknya barusan saya mengalami deh yang efek nocebo ini, hehe. Gara-gara paranoid terus kepikiran selama beberapa saat (padahal nggak sampai satu hari) terus kejadiannya persis seperti apa yang saya bayangkan. Iya memang mesti hati-hati kalau memikirkan sesuatu, kadang sesuatu itu terjadi setelah ada di dalam pikiran, tidak semata kebetulan. Banyak-banyak doa yang baik-baik juga. Kan kalau yakin pasti dikabulkan, hehe…

    Like

  2. Pingback: Review Buku The Secret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s