me|write, my life stories, think sotoy
Comments 4

on line lagi on..

01“Pesen on line aja..”.. Tanpa sadar, kata itu sering banget gw ucapin belakangan ini.. Belanja on line emang makin ke sini makin meyakinkan ye.. Gw sendiri di tahun ini terhitung cukup sering belanja online.. Mulai dari barang yang remeh temeh yang harganya dibawah 50 ribu, sampe yang beberapa juta.. Dan Alhamdulilahnya so far sih, nggak pernah nemuin masalah..

Memang cukup praktis sih belanja online.. Nggak perlu kena macet yang menyebalkan, dan gampang untuk ‘compare’ harga lewat googling.. Sampe terkadang barang yang udah gw cari ke sejumlah tempat nggak ada, eh pas nyari di online ketemu.. Puncaknya, smartphone terakhir gw pun gw beli dari toko online.. Memang sih, tetep mesti hati2, liat2 yang jual.. Sejauh ini sih favorit gw masih lazada, diskonnya oke2.. Yg juga gw suka dari situ, progress dari pemesanan, pengemasan, dan tracking dikirimnya barang yang dibeli dikabarin terus.. Jadi berasa aman..

Perilaku konsumen memang udah mulai bergeser.. Banyak buku yang menyebutkan bisnis & teori pemasaran juga mengalami perubahan yang cukup mendasar.. Contohnya teori AIDA (Aware => Interest => Desire => Action).. Ini kan terkenal banget di pemasaran atau periklanan.. Setelah era teknologi informasi semaju sekarang, ada yang bilang perlu adanya penambahan.. Karena sekarang orang kalo “aware” dan kemudian tertarik pada sebuah barang, dia akan search dulu di internet, terus kepengen, pake tuh produk, dan ujung2nya bisa share..

Jadinya jadi AISDAS, hehe.. Aware => Interest => Search => Desire => Action => Share.. Bener juga ya.. Sekarang kita kan kalo ada jasa atau produk baru, sadar nggak sadar sepertinya ini yang kita lakukan.. Contohnya nggak usah jauh2 deh.. Dulu gw nggak tau apapun tentang lazada, taunya dari liat iklan di web, lumayan tertarik, terus search tentang nih perusahaan, jadi pengen nyoba, action deh alias coba belanja di situ.. Dan karena gw puas, akhirnya postingan ini tercipta.. Ini kan Share juga namanya.. Huhu.. Memang, semuanya pasti berubah, bisnis, teori, teknologi, semuanya.. Justru yang nggak berubah bakal dianggap usang..

Setuju sama pernyataan John F. Kennedy: “Change is the law of life.. And those who look only to past or present are certain to miss the future..”

Advertisements

4 Comments

    • Yes.. betul itu.. Persis kayak saya juga, sekali dua kali nyoba eh jadi ketagihan… Itu juga sebetulnya gara2 lazada sih.. Yang kelola corporate, jadi kalo barang pas dateng nggak sesuai spesifikasi yang diinginkan, boleh confirm dikembalikan.. Enaknya ada jaminan tuker barang atau kembaliin uang di situ.. Ada temen juga pernah kejadian yang dateng barang yang rusak, dan akhirnya bisa ditukar.. Kalo di lazada enaknya tiap terima barang ada form “pengembalian barang”… Jadi berasa tenang deh..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s