me|write, think sotoy
Leave a Comment

Buya Hamka T.O.P.B.G.T..

Untitled-3Di postingan2 gw, sering gw ngutip dari pernyataan Buya Hamka.. Gw seneng banget sama gimana cara beliau mengurai suatu hal, dan didasarkan pada cara beliau beragama..  Yang cukup luar biasanya lagi, buat gw Buya Hamka itu “manusia masa depan”, alias manusia yang lahir mendahului zamannya.. Pandangannya nggak cuman ngeliat masa lalu dan masa kini, namun juga masa depan..

Banyak hal yang beliau tulis, jauh di saat gw belum lahir, eh beneran masih bisa dilihat & cocok pada perkara2 sekarang… Postingan gw ini cuman mau nge-share kutipan dari bukunya Buya Hamka, yang ditulis di awal tahun 60an.. Judul bukunya “Akhlaqul Karimah”, penerbitnya Pustaka Panjimas, Jakarta.. Yang sangat gw syukuri, beruntung bokap nyokap gw dulu juga penggemar Buya Hamka, jadi pas gw kuliah dulu, gw “kenalan” sama buku2 jadoel ini.. Meskipun gw pikir proses “perkenalan” gw dengan bukunya Hamka agak2 aneh, hehe.. Berkaitan dengan cinta di masa kuliah.. Halah.. Itu lain cerita lah..

Mungkin ini bisa jadi bahan renungan buat gw pribadi, dan orang2 yang ngerasa aneh dengan “terbawa arusnya” orang2 awam dengan lautan politik yang memang cair.. Terutama untuk mereka yang bawa2 agama.. So, mulai dari paragraf di bawah ini sampe akhir postingan, adalah kutipan yang gw ambil langsung dari buku tersebut:

“Berkata Imam Ghazali:’Kewajiban orang awam ialah beramal shaleh, karena bila banyak bicara yang kurang dipahaminya, akan mengurangi perasaan hati dalam beramal.. Kadang si awam itu berasa gembira dan bangga pula kalau dia ikut membicarakan perkara ilmu yang tinggi, yang pada hakikatnya syaitan mengkhayalkan kepadanya bahwa dia sekarang telah menjadi ulama besar dan menjadi orang yang bijaksana..’

Kejadian seperti ini dalam zaman sekarang amat banyak, yaitu orang2 awam yang masih dalam derajat muqalid, walaupun dia tidak mengaku, turut pula memperdebatkan masalah yang kurang diketahuinya.. Dibacanya sebuah buku yang mengatakan bahwa ini yang betul menurut hadits, ini menurut sahih Buchori & Muslim, sebab itu beginilah keyakinan saya.. Seorang pengarang menulis setelah melakukan penyelidikan, dengan metode di dalam menistibahkan hukum, dan ilmu yang dituliskannya itu masih berdasar kepada zhanni (belum yakin), karena segala perkara ijtihad itu ialah zhanni..

Datang si awam yang membaca kemudian, dilebihinya keyakinannya daripada keyakinan si pengarang buku.. Sesat orang lain kalau tidak mengikuti bunyi buku itu, bid’ah, khurafat, kafir, dajjal, dan lain2.. Tak sedikit kejadian, orang awam yang hanya membaca satu atau dua buku, berani berlagak sebagai mufti atau mujtahid, sehingga menimbulkan perpecahan di kalangan umat..

Memang soal debat orang awam itu kerap kali membahayakan bagi keindahan pergaulan masyarakat, dan memperkosa kemerdekaan pikiran.. Maka dari itu, adalah kewajiban bagi guru2 agama untuk mengatur segala keyakinannya dan menerangkannya kepada umum atau mengarangkannya menjadi buku dengan sikap yang tidak memperkosa, yaitu bersifat sebagai mendidik, bukan sebagai mempengaruhi. Karena yang mesti berpengaruh itu bukan pemimpin ilmu, tapi pemimpin negeri..

Karena kekurangan ilmu itu senantiasa menimbulkan sentimen.. Kalau hanya perasaan saja yang diperturutkan, timbullah penyakit lain, beradu perasaan dengan perasaan.. Celaka yang timbul, sampai sama2 menggulung lengan baju mempertahankan guru atau karangan guru, menepuk dada menegakkan mazhab dan partai.

Semoga kita semua terpelihara dari penyakit lidah itu, dan siapa yang telah ditimpanya moga2 lekas sembuh dan bertobat kepada Allah SWT, Amiin..

Advertisements
This entry was posted in: me|write, think sotoy
Tagged with: , ,

by

"Tuhan.. tolong berikan rejeki berlimpah pada semua orang yang udah mampir ke blog ini.. Amiiinn.." ......(^_^!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s