me|write, my life stories, think sotoy
Comments 21

udah gede koq maen game..

Untitled-1Hehe.. ketemu lagi neh yang model begini… Dulu, yang pernah gw posting di blog, pas gw baca komik di tempat umum, terus dikomenin sama satpam: “Mas, udah gede koq baca komik..”… Minggu kemaren komentar yang sama gw dapatkan, cuman bukan komik, tapi pas gw lagi maen game di iPod.. wakakak.. Komennya sama persis: “Udah gede koq masi maen game..”..

Mungkin gw jugak yang salah seh, karena gw maen gamenya di kampus, dimana tempat orang2 pintar pada berkumpul.. Yang notabene di tipi2 sering gw liat, kalo orang pintar itu bukan pada maen game, tapi pada minum tolak angin.. gwakakak.. Ya gw maklum banget lah komen kayak gitu keluar, gw bales aja dengan ketawa ke orang yang komen…

Dia juga gak perlu tau kalo yang dia liat itu cuman puncak gunung es dari game yang gw pernah maenin.. Kalo dia tau koleksi game gw di rumah, mungkin dia nggak akan nyangka orang model tukang maen game kayak gw bisa jadi dosen.. gyahahaha…

Nggak masalah… ini salah satu bukti benarnya teori Social Construction Of Technology dari Pinch & Bijker (1987).. Salah satu konsep dalam teori itu menyatakan, teknologi memang punya sifat interpretive flexibility / pemaknaan yang fleksibel.. Teknologi memang tidak seharusnya dianggap hanya memiliki satu buah makna, tujuan atau interpretasi.. Jadi, oleh sejumlah orang, iPod gw itu bisa aja dimaknakan sebagai mesin hiburan anak2, atau alat penghilang stress buat orang2 selain dosen (LOH..?!?! APA NEH ?!?!..), atau bahkan ekstrimnya tuh iPod bisa dijadikan alat untuk nimpuk ayam atau kucing tetangga.. WAW.. dahsyat sekaleh..!!

Itulah kenapa di sejumlah rumah sakit di Amerika, Nintendo Wii sudah digunakan menjadi mesin terapi untuk mereka yang menderita stroke.. Dan saat gw menyelesaikan tesis, gw meriset gamer lokal di lapangan, menurut mereka XBOX360 + Kinect dan Playstation Move juga bisa dimaknakan sebagai mesin fitnes atau mesin pembakar kalori..

Jadi, sebenernya kalo kita mau “bandel”, penafsiran dan penggunaan dari suatu perangkat teknologi nggak harus sesuai sama buku petunjuk manualnya loh.. Remote TV bisa jadi ganjelan pintu, ban mobil bisa jadi ayunan, panci berlapis teflon bisa jadi helm, kabel joystick PS jadi tali jemuran, dan lain sebagainya… (^_^!)..

21 Comments

  1. hahaha…toss Mas Ogie, pernah juga di komen yg sama waktu saya masih nerusin maen game sampe di lift kantor. biarin aja deh… yg penting maen gamenya ga ganggu kerjaan

    Like

  2. ehbuset, blom lama dong satu dogol komen: “bude kog masih main game?” hohoho diajak main ps ga nolak deh..
    adik daku yang anaknya 5 aja doyan main game, sampe anaknya bilang gapapa mamanya main game daripada ngerumpi sama tetangga.. hindari gosip..
    toozz gamer..

    Like

  3. rahmabalcı says

    saya demenya main game taplak gunung:d*asli kagak ngarti asyiknya ngegame heheh

    Like

  4. kalo aku sering dikomenin kerja hapean mulu, padahal aslinya di hape itu saya lagi kerja juga, ngurus penerbitan via dumay.

    Like

  5. Ahahahahaha, kok sama kaya saya ya? Kerjanya dosen tapi masih doyan game. 😀 Dari ps, pc, android, kalo bisa semua peralatan elektronik harus kudu musti wajib ada gamenya, termasuk kulkas & mesin cuci. :p Saya gak peduli sama opini org lain. “We don’t stop playing because we grow old. We grow old because we stop playing.” ^^

    Like

Leave a comment