me|write, think sotoy
Comments 15

ca baca..

Untitled-1Waktu gw masih belum punya blog duluu, gw seneng banget baca2 artikel atau tuilsan2 orang yang bagus2.. Waktu itu gw masih belum kenal blog, belum kenal nulis menulis, apalagi punya niatan konsisten untuk bikin tulisan seminggu sekali dan ditaro di blog.. Yang populer waktu dulu itu masih group mailing list, dan gw ikutan beberapa grup milis untuk dapetin tulisan2 dari orang2 yang memang udah doyan nulis dari dulu..

Alhamdulillah gw sering banget dapet tulisan yang gw anggap bagus2.. Dan kemudian tulisan2 atau artikel2 bagus itu gw share ke temen2 gw, baik itu lewat email personal, maupun lewat grup milis.. Lumayan sering tuh gw lakuin, dan berjalan mungkin ada itungan tahun.. Selama itu, kalo gw inget lagi, gw amati dan gw renungi, ada dua kutub tipe orang yang berkomentar ke gw:

Tipe pertama yang berkomentar model begeneh : “Lu ngirim2 apaan sih gie ?!?.. kagak jelas begituh.. menuh2in inbox gw aje lu.. Biasanya langsung gw masukin trash tuh email dari elu..”.. Ini beneran loh.. Ternyata ada orang2 yang gak suka kalo dikirimin email2 yang (menurut gw sih.. hehe..) isinya itu ada hikmah yang dalem, atau minimal pesan2 motivasi getoh..

Tipe yang kedua tipe yang berkomentar kurang lebih model begeneh: “Gile lu gie, forward-an email2 lu keren banget.. daleeemm.. asli mantep bro.. Bikin termotivasi dan terinspirasi..”.. Tipe yang ini, ada yang cerita ke gw sendiri sampe ada yang nyimpen email2 gw (yang notabene bukan tulisan gw) dalam satu folder dan bilang “udah sekian mega tuh gie..!!”, dan ada juga yang pernah di print dan ditempel di meja kantornya dia buat memotivasi dirinya pas kerja..

Gw coba menarik kesimpulan pribadi sih.. hehehe.. Pertama, Ada orang yang memang mungkin (masih) sulit untuk bisa dapet hikmah dari tulisan.. Kedua, terbukti memang ada orang yang bisa mudah dapet hikmah, atau malah cenderung suka sama si hikmah (sekarang udah jadian belom yaaa ?!?! OPO SEH NEH !!..) dan menjadi pencari hikmah, alias hikmah seeker.. hehehe..

Gw setuju dengan yang pernah gw baca di sebuah buku, hikmah itu memang nggak dateng sendiri, mesti “peka” untuk dapet, mesti dicari, dan kalo ketemu, buat “ngiket” dia itu salah satu caranya dengan menuliskannya.. Namun ternyatanya juga, membaca saja belum cukup, selain perlu aksi tindakan, perlu juga perenungan atau pemikiran atas apa yang kita baca.. Hikmah bisa “nongol” dari mana aja.. Baik itu dari orang biasa, terlebih lagi dari para pemikir “besar”..

Pemikir besar biasanya tulisannya “dalem”, tapi justru ada yang bilang disitulah buku yang baik, buku yang membuat kita jadi mikir & ngerenung.. Buat gw, Buya Hamka masuk ke kategori ini.. Buah2 pikirnya hebring.. Pas gw kasi ke sejumlah mahasiswa gw, mereka semua pada bilang: “Berat banget maass..!!”.. huhuhu..

Pablo Neruda bilang: “The books that help you most are those which make you think that most. The hardest way of learning is that of easy reading; but a great book that comes from a great thinker is a ship of thought, deep freighted with truth and beauty..”

Si mas Einstein juga bilang: “Any man who reads too much and uses his own brain too little, falls into lazy habits of thinking…”

15 Comments

  1. nice… suka quote-quotenya…
    pengalaman yang sama kok. sering pas lagi bbm soal TGFTD dikomen – gak jelas. BC gak mutu. 😀 tapi ada juga yang bales, thank you very much… inspirasional.

    Like

  2. Hahahaha menurutku noral aja kok Mas! kalo ada orang yang dnegan baca bisa dapat hikmah dan lainnya nggak.
    kan tiap orang dilahirkan dnegan pembawaan berbeda. dai sudut pandang, cara berfikir, kebiasaan semua mempengaruhi. bisa jadi menurut mas tulisan itu bagus, tapi dari sudut pandang teman mas itu biasa aja. gituu…!!

    Like

Leave a comment